MENAMPILKAN INPUT KEYPAD PADA LCD
1. Hardware [Kembali]
a. Keypad
b. LCD Character
2. Rangkaian Simulasi [Kembali]
3. Flowchart[Kembali]
4. Listing Program[Kembali]
#include <liquidcrystal.h> //Deklarasi library LCD #include <keypad.h> //Deklarasi library keypad const byte ROWS = 4; //Deklarasi jumlah baris const byte COLS = 3; //Deklarasi jumlah kolom char keys[ROWS][COLS] = { {'1', '2', '3'}, {'4', '5', '6'}, //Inisialisasi keypad matriks 4x3 {'7', '8', '9'}, {'*', '0', '#'} }; byte rowPins[ROWS] = {10, 9, 8, 7}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk baris byte colPins[COLS] = {13, 12, 11}; //Deklarasi pin yang digunakan untuk kolom // Inisialisasi library dengan pin yang digunakan LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5); Keypad keypad = Keypad( makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS ); void setup() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi sekali // Set baris dan kolom LCD lcd.begin(20, 4); lcd.setCursor(1, 2); lcd.setCursor(4, 3); lcd.setCursor(0, 0); } void loop() { //Semua kode dalam fungsi ini akan dieksekusi berulang char key = keypad.getKey(); //Membaca keypad if (key) { //Kondisi pilihan jika keypad ditekan lcd.print(key); //Menampilkan input dari keypad pada LCD } } |
5. Video Simulasi [Kembali]
6. Link Download [Kembali]
- HTML Link Download
- Simulasi Proteus Link Download
- Listing Program Link Download
- Video Link Download
Tidak ada komentar:
Posting Komentar